Selasa, 09 Januari 2018

Perlu Bunda Ketahui Bagaimana Persiapan Menyusui Si Kecil

Guwords - Sebelum melahirkan si kecil, ternyata banyak yang harus dipersiapkan. Bukan hanya perlengkapan dan peralatan bayi saja, namun hal-hal yang berkaitan dengan fisik sang ibu juga cukup penting. Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan sejak dini adalah kesiapan menyusui si kecil jika sudah lahir nanti. Kali ini kami akan lebih fokus pada persiapan bunda dalam rangka menyusui si kecil. Jadi, bagaimana persiapan bunda untuk menyusui si kecil? Simak ulasan berikut.

Sejak kehamilan 8 minggu, bunda pasti sudah merasakan perubahan yang terjadi pada area payudara dimana akan lebih besar, padat terkadang sedikit sakit. Hal ini adalah hal yang wajar karena mulai dari itulah payudara akan berproses menghasilkan ASI yang nantinya akan digunakan untuk menyusui si kecil. Namun bagi bunda yang memang baru pertama kali mengandung tentu belum paham, apalagi untuk mempersipkan ketika hendak menyusui si kecil. 


ASI bunda tidak lancar? Bunda bisa gunakan pompa ASI Mothercare untuk melatih agar ASI dapat keluar dengan lancar. 

Nah, persiapan menyusui si kecil harus dilakukan sedini mungkin bahkan sejak hamil dan si kecil belum lahir. Berikut beberapa persiapan yang bisa bunda lakukan sebagai persiapan menyusui si kecil. 

  • Melatih Otot Tubuh

Satu hal yang penting untuk mempesiapkan menyusui untuk si kecil adalah mempersiapkan bahwa tubuh dan badan Anda terlatih. Untuk melatih kekuatan otot tubuh yang dapat menunjang produksi ASI maka bunda perlu melakukan gerakan-gerakan ringan seperti mengangkat tangan sejajar dengan pundak, tangan kanan memegang bagian bawah tangan kiri atau sebaliknya. Gerakan-gerakan tersebut merupakan gerakan ringan yang dapat melatih otot payudara dan lengan sehingga bermanfaat untuk kelancaran ASI. 


  • Jaga Kebersihan 

Selain melakukan latihan dengan gerakan-gerakan di atas, bunda juga perlu menjaga kesehatan dan kebersihan badan. Bahkan bunda bisa melakukan perawatan pada bagian payudara seperti menghindari menggunakan sabun pada bagian puting susu dan sekitarnya. Tujuannya adalah agar puting susu tidak kering.

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Karena menyusui sama saja membagi makanan kepada si kecil, maka ibu hamil maupun menyusui membutuhkan asupan makanan bergizi. Makanan bergizi ini bukan hanya untuk ibu saja namun juga penting untuk buah hati. Karena apapun yang dikonsumsi oleh sang ibu akan masuk juga ke dalam tubuh si kecil melalui ASI. 


  • Istirahat yang Cukup

Selain harus mengkonsumsi makanan yang bergizi, ibu juga perlu mendapatkan istirahat yang cukup. Hal ini berkaitan dengan kandungan dan kelancaran bunda dalam menyusui si kecil. Jadi, meskipun sudah melakukan aktivitas seperti biasa, bunda juga perlu memperhatikan kondisi tubuh dengan istirahat yang cukup. Minimal tidur adalah 8 jam dan diperbolehkan melakukan kegiatan asalkan disesuaikan dengan kondisi bunda setelah masa kelahiran.


  • Melatih Payudara

Maksudnya disini adalah bunda perlu mempersiapkan keadaan payudara dengan melakukan persiapan seperti mengompres puting susu selama 2 menit saja dengan kompres yang sudah dibasahi dengan minyak. Tarik dan putar puting susu ke dalam dan ke luar 20 kali. Anda juga bisa memijatnya agar saluran susu terbuka.     

Demikian itulah tips persiapan menyusui untuk bunda baik sebelum maupun setelah melahirkan. Agar lebih terjamin dan pasti, akan lebih baik lagi jika bunda memeriksakannya ke dokter secara rutin terlebih jika ada masalah seputar ASI. Sebagai persiapan menyusui, gunakan peralatan menyusui demi kelancaran menyusui si kecil nantinya. Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar