Senin, 26 Februari 2018

Menakar Untung Rugi Pilih Tipe TLO untuk Asuransi Mobil Baru Anda

Guwords - Ketika Anda memiliki sebuah mobil baru, ada baiknya Anda segera mencari asuransi mobil baru untuk kendaraan Anda ini. Ini berguna untuk meng-cover berbagai kerugian yang bisa Anda dapatkan semisal terjadi hal yang buruk. Salah satu tipe perlindungan yang bisa Anda pilih adalah tipe Total Loss Only atau TLO.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memilih tipe perlindungan ini, ada baiknya Anda menakar untung ruginya terlebih dulu. Tindakan ini berguna agar Anda bisa melihat apakah perlindungan ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu, apa saja sebenarnya untung rugi dari tipe perlindungan yang satu ini?


Mengenal Tipe Perlindungan TLO


Sebelum mengetahui untung rugi dari perlindungan TLO, ada baiknya Anda mengenal dulu tipe perlindungan ini. TLO, adalah salah satu tipe perlindungan asuransi mobil yang bisa Anda pilih. Sesuai namanya, perlindungan ini hanya meng-cover kerusakan atau kehilangan keseluruhan saja. Paling sedikit kerusakan tersebut adalah 75%.

Jika di bawah dari angka itu, klaim asuransi Anda tidak akan diproses. Artinya, pihak asuransi hanya akan mengganti biaya kerugian jika kendaraan Anda sudah benar-benar rusak atau tak layak digunakan lagi karena berbagai hal seperti kecelakaan, tertimpa benda, pencurian dan masih banyak lagi.

Keuntungan Pilih Tipe Perlindungan TLO


Sebenarnya, tipe perlindungan ini tidaklah begitu populer di kalangan pemilik kendaraan. Sebab, tipe perlindungan ini dianggap tidak terlalu menguntungkan dibandingkan tipe Comprehensif. Tapi, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari memilih tipe perlinduangan ini. 

Salah satu keuntungan dari asuransi mobil baru tipe TLO ini adalah biaya premi yang rendah. Rata-rata, harga premi dari tipe TLO ini tidaklah tinggi. Berkisar antara 0,1 hingga 0,8% saja dari harga jual barang. Misalnya harga jual kendaraan Anda sebesar Rp200.000.000,-, maka biaya premi yang harus Anda bayar hanya 1,6 hingga 2 juta saja. 

Biaya ini jauh lebih murah ketimbang tipe perlindungan Comprehensif. Selain itu, jika Anda menambah perluasan tanggungan, tambahan preminya juga tidaklah terlalu besar. Kisarannya hanya sekitar 0,05% hingga 0,13% saja. Keuntungan lainnya dari pilih tipe asuransi ini adalah Anda bisa mengalihkan dana untuk kebutuhan lain.

Masih berhubungan dengan keuntungan yang pertama, dana yang harus Anda bayarkan ke perusahaan asuransi tidak besar. Jadi, dana yang masih tersisa bisa Anda alokasikan untuk kebutuhan Anda yang lainnya. Misalnya saja untuk perawatan kendaraan. Apalagi bila Anda tinggal di tempat yang memiliki risiko kecelakaan tinggi.


Kerugian Pilih Tipe Perlindungan TLO


Ada keuntungan pasti ada kerugian. Kerugian dari memilih tipe perlindungan TLO ini adalah tak bisa menanggung kecelakaan minor. Jadi, bila mobil Anda mengalami lecet pada body, baret, penyok ataupun kerusakan ringan lainnya tidak akan ditanggung pihak asuransi. Anda harus mengeluarkan dana pribadi untuk mengatasinya.

Lalu, Anda malah akan lebih boros. Biaya premi memang rendah. Namun, bila Anda harus memperbaiki kendaraan sendiri saat ada kerusakan, maka Anda bisa lebih boros. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk memperbaiki kendaraan yang rusak minim kadang tetap lebih mahal ketimbang pembayaran premi itu sendiri.

Bagaimana, tetap pilih tipe TLO untuk asuransi kendaraan Anda? Tak masalah. Anda bisa membelinya di Garda Oto. Di Garda Oto, prosedur membeli asuransi mobil tidaklah ribet. Anda juga bisa mendapat berbagai kemudahan serta bonus. Salah satu bonusnya adalah E Toll on Board Unit. Jadi, di Garda Oto #MakinGampangKlaimnya, BanyakBonusnya!

0 komentar:

Posting Komentar