Kamis, 08 Maret 2018

Inilah Berita Harian tentang 9 Makanan dan Minuman yang Rusak Gigi

Guwords - Rusaknya gigi menjadi problematika yang serius untuk kelangsungan hidup manusia. Berita harian tentang kesehatan gigi diturunkan karena vitalitasnya yang cukup tinggi. Mengingat peran gigi yang sehat sangat penting untuk menjalani kehidupan sehari-hari maupun untuk menunjang karier dalam pekerjaan. Inilah 9 makanan-minuman yang bisa merusak gigi.


1. Pop Corn

Salah satu sebab kenapa gigi bisa rusak dan berlubang itu karena adanya makanan yang terselip di antara gigi. Nah, pop corn ini kalau dikunyah biasanya tidak bisa ditelan semuanya. Seringkali masih ada yang tertinggal. Bahkan ketika sudah disikat sekalipun. Selain gigi berlubang, konsumsi pop corn juga bisa membuat gusi sakit.

2. Selai Kacang dan Agar-Agar

Biasanya selai kacang dan agar-agar itu tidak terlepas dari penambahan gula untuk mempermanis kesannya. Apakah Anda juga termasuk penyuka selai kacang dan agar-agar. Mulai sekarang lebih baik dikurangi demi kesehatan gigi Anda. Kalau toh sudah telanjur, perbanyak minum air putih dan kunyah permen karet xylitol biar gulanya tertarik semua.

3. Kopi

Siapa yang tahan dari godaan kelezatan minuman kopi? Apalagi kalau minuman kopi tersebut ditambah dengan gula, cream, dan susu. Apa yang membuat gigi jadi rusak adalah zat asamnya yang terkandung di dalam minuman kopi. Soalnya sifat zat asam itu sangat keras dan mudah menggerus lapisan tulang pada gigi.

4. Air Lemon Panas

Lemon itu seringkali bikin gigi jadi aus. Hal ini disebabkan oleh tingkat keasaman yang terkandung. Lapisan gigi yang dalam akan mudah terkelupas ketika mengonsumsi air lemon secara berlebihan. Apalagi ketika masih dalam kondisi panas. Lapisan luar gigi akan mudah tergerus dan rusak dengan sendirinya.

5. Es Batu

Es batu juga tercatat dalam berita harian sebagai penyebab gigi rusak. Baik dalam kategori berlubang maupun sekadar tergerus. Menurut Jon Marashi, seorang dokter gigi, beliau meminta siapa pun untuk berhenti mengunyah es gigi. Soalnya es batu itu terlalu keras untuk email gigi. Bahkan dalam kasus yang serius bisa bikin gigi jadi patah.

6. Minuman Berenergi

Minuman berenergi mulai marak. Hal itu tidak terlepas dari banyaknya para pekerja yang bekerja di ranah perkotaan. Soalnya di kota itu apa-apa serba panas. Ketika panas menyengat, secara otomatis energi mudah terkuras. Boleh-boleh saja mengonsumsinya, hanya saja jangan terlalu sering. Soalnya dalam minuman berenergi bersifat asam dan kadar gula yang tinggi.

7. Kismis yang Tertutup Cokelat

Cokelat dan kismis. Keduanya kalau digabungkan bisa sangat ampuh merusak gigi dalam tempo yang cukup cepat. Pasalnya, cokelat punya kandungan gula yang tinggi. Sedangkan kismis bisa dengan mudah terjebak di antara sela gigi. Kalau dikonsumsi secara rutin tanpa perawatan gigi yang maksimal, maka riwayat gigi Anda akan mudah tamat.

8. Buah Kalengan

Acapkali buah yang dikemas dalam kaleng itu juga tidak sehat. Soalnya berdasarkan kumpulan berita harian, kebanyakan dicampur dengan gula. Jadi bukan murni buah saja sebagaimana saat kita memetik sendiri atau beli di pasar tradisional. Kemudian dikemas dalam bentuk sirup agar mudah dikonsumsi. Kalau bisa, tambahkan air putih biar netral.

9. Permen Kenyal

Seorang dokter gigi kosmetik bernama Lawrence Fung mengatakan, bahwa permen yang menempel di area gigi akan menghasilkan bakteri. Khususnya untuk permen kenyal yang diproduksi dengan tambahan gula. Berbeda dengan permen karet yang memiliki fungsi menarik gula dari permukaan gigi.

Mungkin sudah banyak berita harian yang membahas makanan dan minuman perusak gigi. Tapi kalau tidak diingatkan setiap hari, seringkali orang akan mudah terlupa. Apalagi kalau sudah menerapkan pola hidup yang tidak sehat. Untuk berada di jalur yang tepat, tentu perlu usaha yang cukup keras.

0 komentar:

Posting Komentar