Selasa, 27 Maret 2018

Mari Mengenal Sushi, Makanan Khas Jepang yang Mendunia

Guwords - Siapa yang tak kenal dengan sushi? Yup! Makanan khas Jepang? Sepertinya semua kenal, ya! Bila ke Jepang, rasanya tak lengkap bila belum mencicipi yang satu ini. Tapi ingat, bila Anda berkunjung ke Jepang, jangan lupa untuk menyertakan asuransi perjalanan terbaik. Tujuannya untuk meng-cover semua masalah Anda selama liburan. 

Kembali ke sushi, makanan yang memiliki rasa asam yang lembut karena dibumbui dengan campuran cuka beras, garam dan gula ini pastinya sangat menggugah selera, kan? Nah, sebelum Anda ke Jepang dan mencicipi makanan khas yang satu ini, kenalan dulu yuk dengannya! 


Sejarah Sushi 

Mencari tahu tentang sushi rasanya tak lengkap bila belum tahu sejarah dari makanan tersebut. Sushi dulunya adalah makanan hasil fermentasi ikan yang dikemas dalam nasi dan diberi cuka untuk menghasilkan fermentasi yang baik. Hasilnya sangat luar biasa. Masyarakat Jepang sangat menyukainya dan membuatnya hingga sekarang. 

Pada masa itu, teknik pendinginan ikan di Jepang masih belum maju. Akibatnya, ikan yang diambil dar laut harus diolah terlebih dulu agar tak cepat rusak. Pefermentasian inilah yang membuat sushi ada. Sampai tahun 1970-an, tak semua orang Jepang bisa menikmati sushi karena makanan ini tergolong makanan mewah yang hanya ada di acara tertentu saja. 

Rumah Makan Kaitenzushi adalah yang pertama kali menjual sushi untuk umum pada tahun 1958 di Osaka. Penyebaran pembukaan rumah makan sushi lainnya berlangsung sangat lama. Baru pada awal tahun 1980-an sushi makin rumah makan yang satu ini meluas dan bisa menjual sushi di seluruh Jepang. 


Jenis-Jenis Sushi 

Mungkin selama ini Anda hanya tahu sushi saja, tidak tahu jenis-jenisnya. Sebenarnya, ada banyak jenis sushi. Bisa jadi Anda telah menemukan banyak jenisnya namun tidak tahu apa saja. Nah, agar Anda mengerti, inilah jenis-jenis sushi tersebut. 

1. Nigirizushi 

Pertama ada Nigirizushi. Ini adalah makanan laut segar yang mentah yang diletakkan di atas nasi yang dibentuk dengan jari tangan. Nori atau rumput laut sering dipakai untuk mengikatnya agar tidak terlepas dari nasi. Nantinya, akan diletakkan laut di atas sushi dalam keadaan matang seperti belut atau tamagoyaki yang sudah dipanggang. 


2. Makizushi 

Berikutnya ada Makizushi. Makanan ini berupa gulungan nasi berisi potongan mentimun, tamagoyaki dan lainnya yang dibungkus dalam lembaran rumput laut kering. Penggulungannya akan dibantu dengan sudare atau anyaman bambu berbentuk persegi panjang. Jangan lupa mencicipi ini bila Anda sedang di Jepang, ya! 

Jangan lupa juga untuk melengkapi diri Anda dengan asuransi perjalanan terbaik yang berguna untuk meng-cover banyak hal selama liburan Anda. Misalnya saja untuk keterlambatan jadwal penerbangan, kehilangan bagasi, kecelakaan selama liburan atau biaya lainnya. 


3. Chirashizushi 

Selanjutnya ada Chirashizushi. Sushi yang satu ini dimakan bersama makanan laut dan sayur yang dipotong kecil-kecil. Nasi sushi tidak dibentuk melainkan diidikan ke wadah seperti mangkuk atau piring. Sushi yang satu ini merupakan masakan rumahan yang populer di Jepang.


4. Oshizushi 

Lalu ada Oshizushi yang merupakan nasi yang disusun bersama laut pauk lalu dipres sementara waktu dengan tujuan untuk mendapatkan sushi yang padat dan berbentuk persegi panjang. Nantinya, sushi ini akan dipotong agar lebih mudah dinikmati. Biasanya, pengepresan dilakukan selama beberapa jam hingga semalaman. 


Nah, sudah mengenal sushi lebih dekat, kan? Pastinya setelah Anda menemukannya di Jepang nanti, Anda bisa mengenali apa jenis sushi tersebut. Masih banyak jenis sushi lainnya yang bisa Anda temukan di Jepang. Tapi ingat, bila liburan ke luar negeri jangan lupa untuk melengkapi diri dengan asuransi perjalanan terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar