Senin, 09 April 2018

Trik Raih Keuntungan Optimal Dari Investasi Modal Kecil

Guwords - Pasti Anda pernah mendengar mengenai investasi modal kecil untung besar, kan? Memang terdengar agak aneh dan tidak mungkin. Karena menurut sebuah teori, “memancing ikan besar harus menggunakan umpan yang besar pula”. Lalu bagaimana mungkin dengan umpan yang kecil bisa mendapat ikan yang besar?
 
Sebenarnya hal ini sangat mungkin terjadi. Sebut saja reksa dana, emas, dan aneka platform investasi yang bagus lainnya merupakan investasi yang hanya butuh dana minim untuk memulainya. Minim, bila dibandingkan dengan investasi saham. Risikonya pun juga tidak akan sebesar saham.
 
Aneka investasi bermodal kecil tersebut bisa menghasilkan imbal hasil yang optimal di masa depan. Asalkan diperhatikan beberapa hal berikut ini.
 
 

Suksesnya investasi tidak tergantung dari besar atau kecilnya modal awal 

Keuntungan atau return yang dihasilkan investasi tidak tergantung dari besar atau kecilnya modal awal Anda. Misalnya saja reksa dana. Besaran return tergantung dari manajer investasi yang Anda percaya untuk mengelola dana. Jadi, saham apapun yang menjadi pilihan manajer investasi akan memengaruhi keuntungan yang Anda dapatkan.
 

Konsisten berinvestasi secara berkala 

Di awal, mungkin Anda belum memiliki banyak dana sebagai modal. Untuk memulai investasi, Anda bisa mencoba reksa dana atau membeli emas. Untuk reksa dana, mulailah dari dana yang sedikit dahulu. Lalu perlahan secara konsisten menyisihkan sekitar 10-20 persen penghasilan untuk investasi. Anda bisa menggunakan fitur autodebet jika merasa kurang disiplin menabung. Lalu untuk emas, Anda bisa membeli emas di awal seberat 5 gram dulu. Walau hanya 5 gram tapi jika Anda bisa lakukan ini sebulan sekali selama setahun, hasil emas yang Anda miliki menjadi 60 gram, kan? Jika dijual, tentu harganya cukup tinggi.
 

Miliki tujuan dan jangka waktu investasi 

Sebelum memulai semua rangkaian investasi, sebaiknya tentukan dahulu apa tujuan Anda untuk berinvestasi. Misalnya untuk biaya menikah, liburan keliling dunia, memiliki rumah impian, atau untuk dana pendidikan. Dengan tahu apa tujuannya, tentu akan memengaruhi jangka waktu yang dipilih. Entah itu hanya satu tahun, tiga tahun, bahkan di atas lima tahun.

0 komentar:

Posting Komentar