Jumat, 20 Juli 2018

Siap Berkurban? Ikuti Tips Berikut agar Qurban Terasa Ringan

Guwords - Setiap umat Islam pasti memiliki impian untuk dapat berkurban di Hari Raya Idul Adha. Namun, harga hewan qurban yang tergolong mahal bagi sebagian orang membuat beberapa orang tidak dapat berkurban di setiap tahunnya. Nah, berikut merupakan beberapa tips yang dapat mewujudkan impian Anda untuk berkurban.


1. Mencari Tahu Standar Kemapuan Anda

Sebelum Anda memilih untuk berkurban, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari tahu apakah Anda tergolong orang yang sudah memenuhi syarat untuk berkurban atau belum. Anda dapat menanyakan pada diri Anda sendiri apakah Anda termasuk orang yang sudah mampu berkurban atau belum.

Cara mengukur standar kemampuan Anda dapat dilihat dari standar kemampuan Anda dalam memenuhi kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Apabila ketiga kebutuhan tersebut sudah dapat terpenuhi dengan baik, maka Anda sudah tergolong ke dalam orang yang dikategorikan mampu untuk berkurban.

2. Menentukan Ingin Qurban Sapi atau Kambing

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menentukan Anda ingin berkurban sapi atau kambing. Harga sapi dan kambing tentunya sangat bervariasi tergantung dengan jenis hewan yang Anda pilih. Selain itu, harga sapi juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan harga kambing

Jadi, sebelum Anda memilih untuk berkurban, cara yang tepat untuk Anda lakukan adalah dengan menentukan terlebih dahulu ingin berkurban sapi atau kambing. Namun keputusan ini juga tidak harus diputuskan sebelumnya. Anda juga dapat memutuskan dengan mempertimbangakan jumlah uang yang berhasil dikumpulkan. 


3. Putuskan Cara Menabung

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan memutuskan cara apa yang akan Anda gunakan untuk menabung. Menabung untuk berkurban tentunya perlu memiliki pengaturan sendiri sehingga uang pribadi dan uang tabungan qurban tidak akan tercampur. 

Menabung untuk berkurban di Hari Raa Idul Adha dapat disesuaikan dengan standar kemampuan masing-masing orang. Ada beberapa orang yang cenderung lebih memilih menabung dengan cara tradisional. Namun, juga ada sebagian orang yang cenderung lebih memilih untuk menyimpan uang tabungannya di bank.

4. Menabung Sesuai dengan Kemampuan

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menabung sesuai dengan kemampuan Anda. Anda tidak perlu menargetkan untuk bisa berkurban di tahun ini juga. Anda hanya perlu menabung sesuai dengan kemampuan Anda agar berkurban menjadi terasa ringan dan tidak membebani.

Namun, apabila Anda memiliki target untuk dapat berkurban di tahun ini juga, Anda perlu menyisihkan uang Rp200.000 untuk setiap bulannya. Namun apabila Anda menginginkan untuk dapat berkurban seekor sapi, Anda harus menyisihkan uang sebanyak Rp1.500.00 di setiap bualannya agar Anda dapat berkurban di tahun ini.

5. Ambil dari Cadangan Idul Fitri

Cara teakhir yang dapat Anda lakukan agar berkurban dapat terasa lebih ringan adalah dengan cara mengambil cadangan uang di Hari Raya Idul Fitri. Pada umumnya, menjelang Hari Raya Idul Fitri banyak orang yang membeli baju baru, sepatu, tas, kue untuk lebaran, hingga toples baru untuk tempat kue-kue kering. 

Anda dapat mengalokasikan sebagian kebutuhan untuk Idul Fitri untuk berkurban. Jarak Idul Fitri dengan Idul Adha hanya berkisar dua bulan. Meskipun begitu, Anda tetap dapat menyisihkan sebagain uang dari kebutuhan Idul Fitri yang terlalu penting untuk menambahkan jumlah tabungan Anda untuk berkurban. 

Nah, di atas merupakan beberapa cara agar berkurban menjadi lebih ringan. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi globalqurban.com untuk mendapatkan harga hewan qurban yang terjangkau namun tetap berkualitas dan memenuhi syarat hewan untuk dikurbankan.

0 komentar:

Posting Komentar