Senin, 10 Juli 2017

10 Tips Desain Interior yang Dapat Membuat Anda Merasa Lebih Bahagia di Rumah

Rumah adalah soal kehangatan. Ketika Anda tidak lagi melihat rumah sebagai sekadar tempat tinggal, Anda akan mulai merasakan sisi lain dari sebuah rumah. Betapa pentingnya rumah untuk mejadi tempat Anda bernaung ketika hujan, tempat Anda berkumpul dan bercengkerama bersama keluarga, tempat Anda menyembunyikan air mata, dan menyuarakan tawa. 

Begitu pentingnya peran rumah, ditambah dengan desain interior yang tepat, tentu akan dapat membuat hidup Anda terasa lebih bahagia ketika berada di rumah. Terlebih jika Anda hidup di daerah perkotaan seperti Jakarta di mana kehidupan Anda pasti penuh dengan hiruk pikuk kota metropolitan, desain interior rumah yang baik tentu dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Anda dapat berkonsultasi dan menggunakan jasa interior design Jakarta untuk memperindah tatanan ruang di hunian Anda. Namun di samping itu, ada beberapa hal sederhanya yang juga dapat Anda praktekan untuk menciptakan rumah yang dapat mendatangkan rasa bahagia untuk Anda. Berikut tips-tips mudahnya untuk Anda.

1.    Mix and match barang lama dengan barang baru

Mendesain ulang interior ruangan bukan berarti harus membuang semua barang-barang usang dan menggantinya dengan yang baru. sebagai alternatif, Anda dapat memadupadankan barang-barang lama dengan beberapa barang baru untuk menciptakan kesan segar tanpa perubahan yang terlalu drastis.

2.    Hiasi ruangan dengan suatu hal yang berkesan untuk Anda
Jika Anda pernah memiliki sebuah lukisan atau barang lain yang sangat berkesan, jangan langsung menyingkirkannya. Anda dapat tetap menggunakannya sebagai pajangan atau hiasan. Selain untuk alasan estetika, adanya barang-barang yang bermakna untuk Anda akan dapat terus mengingatkan Anda pada momen-momen manis menyangkut barang tersebut. Pastikan barang tersebut bukan barang yang berkesan negatif, ya.

3.    Gunakan warna-warna netral untul furnitur berukuran besar

Warna-warna netral takkan lekang dimakan zaman, dan akan sangat aman ketika dipadankan dengan warna apapun. Dengan menggunakan perabotan dengan warna-warna yang netral, hal ini akan dapat membuat Anda berhemat untuk membeli furnitur di masa depan ketika suatu warna sudah tidak lagi in.
Hindari membeli furnitur dengan warna yang sedang kekinian, karena dalam setahun, bisa saja warna tersebut sudah tidak lagi in. Misalnya trend warna tahun ini adalah hijau, lalu Anda membeli sofa dengan warna hijau juga. Di tahun depan, ketika trend warna telah berganti, sofa hijau Anda akan sulit disesuaikan dengan warna lainnya. Sementara dengan warna netral, masalah ini takkan terjadi.

4.    Perhatikan aspek pencahayaan

Pencahayaan sangat berpengaruh pada kenyamanan hunian Anda. Pastikan untuk menyediakan pencahayaan yang memadai untuk seluruh ruangan Anda. Memadai di sini berarti tidak terlalu terang benderang, tidak juga gelap temaram. Sesuaikan dengan aktivitas apa yang Anda lakukan di setiap ruangan tersebut.

5.    Gunakan warna putih

Warna putih selalu tampak menyegarkan dan menenangkan. Karena sifatnya yang merefleksikan cahaya, penggunaan warna putih sering disebut dapat membuat ruangan terasa lebih lega dan terang.

6.    Hiasi rumah dengan barang-barang yang mencerminkan diri Anda
Misalnya jika hobi Anda adalah membaca, Anda dapat menggunakan beberapa buku sebagai penghias ruangan, atau Anda juga dapat menempatkan rak buku sebagai pembatas antara satu ruangan dengan ruangan yang lain.

7.    Gunakan cermin untuk dekorasi

Penggunaan cermin dalam sebuah hunian tidak akan pernah out of date. Penggunaan cermin dalam sebuah ruangan dapat memberikan ilusi optik ruangan yang dua kali lebih luas.

8.    Biarkan sinar matahari masuk
Saat siang hari, akan sangat baik untuk membiarkan rumah Anda diterangi sinar matahari. Hal ini tentu akan mengurangi konsumsi energi listrik untuk lampu.

9.    Bawa masuk tanaman
Adalah ide yang brilian untuk menaruh beberapa tanaman kecil ke dalam rumah untuk memberikan suasana segar dan alami.

10.    Cocokkan pilihan warna dengan kesan yang ingin Anda rasakan di rumah
Setiap warna memiliki kesan masing-masing yang akan ditinggalkannya. Sesuaikan pemilihan warna di rumah Anda dengan kesan tertentu yang ingin Anda rasakan. Misalnya, jika Anda ingin merasakan kesan tenang, maka Anda dapat memilih warna biru karena warna biru identik dengan rasa tenang.
Nah, itulah 10 tips mudah yang dapat Anda aplikasikan untuk menciptakan suasana rumah yang akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Jangan takut-takut untuk bereksperimen dengan desain interior rumah, ya!

0 komentar:

Posting Komentar