Kamis, 02 November 2017

Mengapa Harus Investasi Di Usia Muda?

Pada era milenial ini tidak sedikit kaula muda yang menyepelekan perihal investasi. Sebagian besar dari mereka masih menerapkan gaya hidup menikmati masa muda, hidup suka – suka hura – hura bersenang senang menikmati masa muda. Mereka seakan lupa akan roda kehidupan yang tidak selamanya bisa terus berada di atas . hal inilah yang terkadang dijadikan alasan mengatur keuangan di masa muda itu sangat penting untuk masa depan. 

Investasi dapat kita mulai dari usia berapapun tidak mengenal status ataupun kalangan. Ketika kita memiliki komitmen dan tekad yang kuat investasi apapun dapat kita jalankan dengan mudah. Investasi dapat kita lakukan dari barang berharga hingga property seperti apartemen, tanah dan rumah. Kita tinggal memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kita. Namun dari sekian banyak pilihan investasi yan ada investasi proberti berupa tanah, dan rumah merupakan investasi yang sangat digemari belakangan ini. Simple saja hal ini karena baik tanah atauun rumah  merupakan investasi jangka panjang dengan harapan yang tinggi dengan nilai jual yang terus naik setiap tahunnya. Mau tau lebih banyak ? simak uraianya dibawah ini

Harga jual tak pernah turun

Sudah bisa kita prediksikan bila investas property dalam bentu tanah atau rumah tidak akan mengalami kerugian karena harga jual yang mendadak menurun. Logikanya banyak masyarakat yang membutuhkan property tersebut untuk melanjutkan dan mensejahterakan kehidupan mereka.  Hal ini lah yang membuat nilai jual property semakin naik. Karena semakin banyak permintaan pasar akan suatu barang yang sulit untuk di dapatkan maka semakin tinggi pula nilai jual barang tersebut.  

Tidak ada kata bekas

Sebutan rumah bekas memang ada, namun istilah bekas ini tidak bisa disamakan dengan istilah bekas pada barang lainnya. Bila barang lainnya seperti Hp, Mobil, Motor ketika memiliki istilah atau sebutan bekas nilai jual mereka akan mengalami penurunan. Berbeda dengan investasi property, nilai jualnya baik itu baru ataupun  bekas akan tetap terus mengalami kenaikan nilai jual hanya dalam waktu beberapa tahun kedepan saja. Biasanya rumah atau tanah akan mengalami kenaikan nilai jual mulai dari 10 % hingga 30 % pada setiap tahunnya. Bahkan ada kondisi tertentu bisa mencapai 100 %.

Tidak ada waktu yang tepat untuk menjual

Kamu memiliki hak sepenuhnya akan investasi yang kamu miliki. Kamu bebas menentukan kapan tanah atau rumah yang kamu investasikan akan dijual atau disewakan. Apakah akan dijual 5 tahun kedepan atau hanya 2 tahun kedepan saja. Tidak akan menjadi masalah selama property yang kamu miliki dalam kondisi yang layak untuk dijual.

Tolak Ukur Kekayaan

Meskipun zaman sudah banyak berkembang namun nyatanya seseorang yang memiliki investasi atau asset berharga masih saja dijadikan sebagai tolak ukur kekayaan seseirang. Pemnguasaan terhadap harta benda milik seakan sudah dijadikan sebagai budaya untuk menilai kekayaan seseorang. Dan ukuran kekayaan ini sangat nyata adanya.

Mendapat penghasilan meski tidak dijual

Tahukah kamu bila investasi tidak melulu harus menunggu dijual baru mendapatkan keuntungan? Hal yang satu ini merupakan yang palingbis akamu nikmati hasilnya dalam waktu dekat.  Kamu bisa menyewakan lahan tanah atau rumah yang kamu investasikan. Tentu hal ini akan menambah pendapatanmu setiap bulannya bukan ? setidaknya kamu bisa memiliki passive income yang cukup memuaskan sebelum menjual investasi tersebut.

Investasi merupakan hal yang wajib kamu coba setidaknya satu kali dalam seumur hidupmu. Tidak ada hal yang merugikan ketika kamu memulai untuk berinvestasi. Pastikan sebelum melakukan investasi bekali diri dengan pengetahuan dan informasi terkait investasi yang akan kamu lakukan. Ketika kamu tidak paham akan seluk beluk dari investasi yang kamu jalani tidak menutup kemungkinan bagi kamu untuk dijadikan sebagai sasaran para developer dan penjual yang licik.
Saat ini tidak sedikit masyarakat yang menghalalkan berbagai cara hanya untuk mendapatkan sejumlah uang. Teliti danselalu waspada ketika menjalankan segala prosesnya. Pastikan semua transaksi dilakukan melalui jalan yang benar, legal, sah dan dapat dipertanggungjawabkan. Beberapa hal lainnya yang perlu kamu waspadai dan persiapkan diantaranya.
  1. Gali terus informasi terupdate seputar investasi property yang kamu pilih
  2. Selalu periksa kelengkapan dan keabsahan dokumen yang kamu dapatkan
  3. Pastikan tidak sendirian pada saat melihat dan meninjau property yang akan kamu beli
  4. Bila perlu libatkan ahli untuk memprediksikan investasi yang kamu pilih
  5. Siapkan anggaran untuk pengeluarn tak terduga seperti baiay administrasi saat balik nama atau untuk menyewa notaris
  6. Sewa jasa notaris sendiri hindari untuk menerima rekomendasi dari bank atau jasa lainnya.
Baik rumah, tanah atau investasi property lainnya dan investasi dalam bentuk lainnya sama – sama memiliki keuntungan. Hanya kamu yang perlu untuk menyesuaikan investasi yang akan kamu pilih dengan kebutuhan dankondisi finansialmu. Hindari untuk memaksakan diri menekan kondisi keuangan hanya untuk membeli property yang akan dijadikansebagai investasi. Hal ini hanya akan memperburuk ondisi keuanganmu saja.

0 komentar:

Posting Komentar