Selasa, 27 November 2018

Bolehkah Olahraga Setelah Operasi Total Knee Replacement?

Guwords - Pernahkah Anda mengalami nyeri parah di lutut? Segera periksa ke dokter ortopedi agar mendapat rekomendasi rontgen. Jika sakit parah dan tidak bisa sembuh hanya dengan obat, maka dokter akan menyarankan operasi penggantian lutut, diganti dengan lutut protetis yang kuat. Biaya operasi TKR biasanya 20-80 juta rupiah. Setelah operasi, bolehkah Anda berolahraga? 

Total Knee Replacement

Setelah operasi, Anda memang disarankan untuk beristirahat untuk memulihkan kondisi, tapi bukan berarti Anda harus tidur-tiduran saja hingga akhir hayat. Lutut yang sakit sudah diganti, dan ketika kondisi sudah pulih, Anda boleh beraktivitas seperti biasa. Jika tubuh tidak bergerak dengan aktif, malah menimbulkan penyakit lain seperti obesitas, migrain, dan jantung koroner. 

Pasca operasi total knee replacement, Anda boleh berolahraga, dengan catatan tidak boleh menghentakkan kedua kaki terlalu kuat. Hindari olahraga jenis high impact yang gerakannya cenderung keras, misalnya lari maraton, taekwondo, angkat beban, atau senam aerobik. Olahraga high impact hanya akan menyakiti lutut protetis dan menyia-nyiakan hasil operasi tersebut. 

Anda boleh berolahraga dan awali dengan yang levelnya mudah, misalnya berjalan kaki di pagi atau sore hari. Setelah terbiasa berjalan kaki selama 1 hingga 2 bulan, naikkan level olahraga jadi bersepeda. Jika bosan bersepeda, Anda bisa berenang seminggu sekali. Berenang adalah olahraga yang aman pasca operasi total knee replacement, karena air akan menahan benturan pada sendi. 

Olahraga yang menenangkan seperti yoga dan pilates juga baik dilakukan setelah operasi penggantian lutut. Gerakan yoga relatif lambat tapi mampu membakar lemak dan membuat Anda bugar. Lakukan latihan yoga minimal seminggu sekali, agar sendi lentur dan berat badan terjaga. Obesitas adalah musuh bagi penderita nyeri sendi, karena bobot yang ditopang makin berat. 

Jika Anda mudah bosan, cobalah olahraga yang menggunakan musik, seperti senam. Ada senam yang aman untuk Anda yang menggunakan lutut protetis, yaitu senam yang gerakannya lambat seperti senam jantung sehat. Senam dengan irama lagu daerah seperti senam maumere atau poco-poco juga aman untuk lutut Anda, karena gerakannya  pelan tapi bisa menjaga kebugaran. 

Saat berolahraga, gunakan sepatu keds yang memiliki bantalan empuk, agar tidak mudah cedera. Lakukan pemanasan sebelum olahraga agar sendi mampu diajak bergerak dengan lancar. Pakailah kaos dan celana yang nyaman dan tidak terlalu ketat, asal bisa menyerap keringat. Jika berenang, gunakan baju renang yang bahannya tidak panas, lengkapi dengan kacamata goggle. 

Pasca operasi penggantian lutut, Anda masih boleh berolahraga untuk menjaga kelenturan sendi. Jika Anda hanya bermalas-malasan di tempat tidur, maka biaya operasi TKR jadi sia-sia, karena lutut buatan akan kaku dan membuat tubuh sudah bergerak. Berolahragalah dengan jenis low impact, seperti berjalan kaki, berenang, pilates, dan yoga, agar lebih bugar dan sehat.

0 komentar:

Posting Komentar